PROGRAM TAHUNAN 
PROGRAM
TAHUNAN
PELAYANAN  BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF
SMP ISLAM YAS’A SUMENEP TAHUN AJARAN
2011/2012
I. PERSIAPAN                       
| 
NO | 
KEGIATAN | 
TUJUAN KEGIATAN | 
URAIAN
  KEGIATAN | 
WAKTU | 
KETERANGAN | 
| 
1 | 
Penyusunan Program BK | 
Perencanaan kegiatan pelayanan BK
  selama 1 tahun | 
Membuat program tahunan, semesteran,
  bulanan, mingguan dan harian | 
Raker sekolan  
Bulan juni | 
Kelompok dan kerjasama tim BK akan
  mensukseskan pelaksanaan program | 
| 
2 | 
Menyusun silabus dan RPP | 
Kegiatan program pelayanan BK
  klasikal | 
Menyusun materi pelayanan BK klasikal
  kegiatan dan penilaianya. | 
Minggu efektif | 
10 aspek pengembangan dalam standar
  kompetensi kemandirian peserta didik untuk SMP | 
| 
3 | 
Konsultasi Program BK | 
Diketahui dan disetujui oleh sekolah | 
Program pelayanan BK tersusun
  berdasarkan tindak lanjut dari program sebelumnya | 
Raker sekolah  | 
Menjadi bagian dari program sekolah | 
| 
4 | 
Pengadaan sarana dan prasarana BK | 
Melancarkan pelaksanaan program BK | 
Daftar kebutuhan sarana dan prasarana
  BK | 
Raker sekolah | 
Ruang BK ideal, Pelayanan BK menjadi
  efektif  dan bermanfaat bagi seluruh
  personel sekolah | 
Cat :
sesuikan dengan kelas  binaan / tugas
pembuatan program dan jadwal sekolah
II. PELAKSANAAN
| 
NO | 
KOMPONEN
   PROGRAM | 
STRATEGI
   PELAYANAN | 
MATERI | 
TUJUAN | 
URAIAN
   KEGIATAN | 
WAKTU | 
KETERANGAN | 
| 
1 | 
PELAYANAN DASAR | 
Pelayanan klasikal | 
Modul BK kls VII | 
Melayani peserta didik secara
  klasikal  | 
Pelayanan BK klaasikal | 
Ags - Mei | 
1 JP/minggu | 
| 
Pelayanan Orientasi  | 
Kls VII, MOS | 
Memberikan
  informasi terkini tentang SMP ISLAM YAS’A Sumenep | 
Kegiatan pengenalan sekolah yang
  menarik dan menyenangkan  |  | 
Panitia MOS 
Guru BK    | ||
| 
Pelayanan Informasi  | 
Bimb.Pribadi, sosial, belajar,
  karier. | 
Memberikan informasi yang dibutuhkan
  peserta didik diawal masa remajanya | 
BK klaikal, diruang BK dan dikelas  |  | 
Guru BK | ||
| 
Bimbingan kelompok | 
Berita terkini | 
Melatih peserta didik dalam berfikir
  dan bersosialisasi | 
Berita terkini terkait dengan
  kepribadian peserta didik | 
Jadwal perkelas | 
Dinamika kelomppok | ||
| 
Aplikasi instrumen  | 
Tes dan non tes | 
Mengetahui peserta didik lebih mendalam
   | 
Himpunan data peserta didik , DCM,
  sosiometri | 
juni, juni, Oktober | 
Harus diolah dan diinformasikan kepada
  peserta didik | ||
| 
2 | 
PELAYANAN RESPONSIF | 
Konseling Individu/Kelompok | 
Masa awal remaja | 
Membantu memecahkan masalah peserta
  didik | 
Pelayanan BK secara individu/kelompok |  |  | 
| 
Referal | 
Masalah  | 
Mengalihtangankan solusi masalah
  peserta didik kepada tenaga ahli yang lebih berwenang | 
Solusi masalah yang menyangkut
  keadaan fisik dan psikis peserta didik |  | 
Daftar tenaga ahli | ||
| 
Kolaborasi Guru | 
Peserta didik dengan mata
  pelajarannya | 
Peserta didik dapat mengikuti
  kegiatan pelajaran di kelas | 
Pembelajaran yang mendidik |  | 
Daftar wali kelas dan guru mata
  pelajaran | ||
| 
Kolaborasi orang tua | 
Keluarga  | 
Komunikasi keluarga yang harmonis | 
Komunikasi orang tua dengan sekolah
  persuasif |  |  | ||
| 
Kolaborasi ahli lain | 
Aspek Perkembangan | 
Memperluas wawasan peserta didik
  dalam menemukan jati dirinya | 
Mengundang tenaga ahli untuk
  memperluas wawasan penetahuan peserta didik | 
Terjadwal | 
Daftar tenaga ahli | ||
| 
Konsultasi | 
Aspek perkembangan | 
Peserta didik konsultasi tanpa beban | 
Pelayanan BK yang memandirikan |  | 
Format konsultasi | ||
| 
Bimbingan teman sebaya | 
Pergaulan  | 
Mengembangkan empati terhadap teman | 
Belajar, bergaul, sambil curhat |  | 
Buku curhat | ||
| 
Konferensi kasus | 
Pelanggaran tata tertib sekolah | 
Solusi masalah bersama terkait
  peraturan sekolah | 
Konferensi untuk solusi masalah
  setelah 3 kali perjanjian |  | 
Keputusan pada Kepala Sekolah | ||
| 
Kunjungan rumah | 
Sousi masalah | 
Solusi masalah secara kekeluargaan | 
Kunjungan rumah yang terprogram |  |  | ||
| 
3 | 
PERENCANAAN INDIVIDUAL | 
Pengembangan media | 
Bimbingan karir | 
Membantu peserta didik menentukan
  jurusan untuk studi lanjutannya | 
Peserta didik diberi kesempatan untuk
  berkonsultasi dengan guru BK terkait dg pemilihan karir dan studi
  lanjutannya. |  | 
Mading Karir | 
| 
Instrumen penilaian  | 
Rapor, Aplikasi instrumentasi | 
Mengarahkan pilihan karir berdasarkan
  bakat, minat dan kemampuan peserta didik | 
Leger Rapor dan hasil Psikotes |  |  | ||
| 
Penempatan dan penyaluran | 
Angket karir | 
Peserta didik dapat menerima pilihan
  karir berdasarkan bakat, minat dan kemampuannya | 
Diskusi kelompok pilihan karir |  |  | ||
| 
4 | 
DUKUNGAN SISTEM | 
Pengembangan | 
MGBK | 
Sarana musyawarah dalam melaksanakan
  program BK | 
Seluruh guru pembimbing berkumpul,
  untuk mendiskusikan pelaksanaan program BK |  |  | 
| 
Manajemen program | 
Pengurus MGBK | 
Mengembangkan SDM guru BK | 
Kegiatan pertemuan guru BK secara
  berkala |  |  | ||
| 
Riset dan pengembangan | 
PTBK, Karya ilmiah | 
Guru BK yang profesional | 
Melaksanakan PTBK, Karya ilmiah |  |  | 
III. EVALUASI
| 
NO | 
KEGIATAN | 
TUJUAN
  KEGIATAN | 
URAIAN
  KEGIATAN | 
WAKTU | 
KETERANGAN | 
| 
1 | 
LAPORAN BK | 
Sebagai
  bukti pertanggung jawaban kegiatan pelayanan BK dan sebagai dasar evaluasi untuk kegiatan BK berikutnya | 
Guru BK
  memberikan laporan kegiatan pelayanan BK setiap bulan, semester, dan akhir tahun kepada kepala sekolah | 
Bulanan 
Semesteran 
Tahunan |  | 
| 
2 | 
EVALUASI,
  ANALISA DAN TINDAK LANJUT | 
Untuk melihat pencapaian aspek
  perkembangan dari peserta didik dalam satu tahun | 
Seluruh
  guru pembimbing berkumpul untuk mendiskusikan pelaksanaan program BK : faktor
  pendukung dan faktor penghambat yang ada. | 
Akhir semester 
Akhir Tahun |  | 
| 
Mengetahui, 
Kepala SMP ISLAM YAS’A SUMENEP | 
Sumenep,
  …………………2012 
Peraktikan 
NASILI GAPURA | 
 
terima kasih atas informasi program bk sebagai tambahan ilmu, demi perbaikan program berikutnya, tapi gimana cara mendonloutnya
BalasHapusmaturnuwun saya bisa mencontoh program tahunan BK komprehensif.
BalasHapus