Sabtu, 08 Desember 2012

LAPORAN INDIVIDU PPL II SMP YAS'A SUMENEP


LEMBAR PENGESAHAN


Nama                           : Tasili
Tempat, Tgl. Lahir      : Sumenep, 16 Agustus 1988
NPM.                          : 100.86201.1.1.A.000272
Prodi                           : Pendidikan Bimbingan dan Konseling
Telah menyelesaikan kegiatan PPL II di Sekolah SMP YAS’A SUMENEP dari tanggal 01 Oktober 2012 s/d 01 Desember 2012

Sumenep, 27  November 2012
Guru Pamong



Mura’ie, S.Pdi
NIP
Mahasiswa PPL



Tasili
NPM. 100.86201.1.1.A.000272


Mengetahui


Kepala Sekolah
SMP YAS’A SUMENEP



Drs. H. Mahfudh Rahman
NIP.

Dosen Pembimbing Lapangan



Riskiyah, S.Pd
NIP.





KATA PENGANTAR

                   Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan laporan Praktik Pengalaman Lapangan ini dapat terselaisaikan. Sholawat serta salam kami sampaikan kepada Rasulullah SAW serta para keluarganya yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang diridhoi Allah SWT. Alhamdulillah akhirnya praktikan dapat menjalani serangkaian kegiatan PPL di SMP YAS’A Sumenep dengan lancar tanpa hambatan berarti.
Penyusunan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan ini disusun sebagai salah satu syarat guna memenuhi tugas dari mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang kami di tempatkan di SMP YAS’A Sumenep mulai dari tanggal 01 Oktober 2012 sampai dengan tanggal 01 Desember 2012. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa khususnya program kependidikan pada dunia kerja yang akan digelutinya. Disamping itu untuk memperoleh kesadaran profesional keguruan atau kependidikan yang lebih mendalam.
Penulisan laporan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ini tidak terlepas dari bimbingan, bantuan dan saran dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat:
1.      Musaheri M.Pd, selaku Rektor STKIP PGRI Sumenep yang telah memberikan izin Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).
2.      Riskiyah S.Pd, selaku DPL di SMP YAS’A Sumenep
3.      KH. Moh. Wakir Abdullah, selaku pengasuh pondok pesantren YAS’A Sumenep
4.      Drs. H. Mahfudh Rahman, selaku kepala sekolah di SMP YAS’A Sumenep
5.      M. Zaini S,Pd, selaku komite sekolah di  SMP YAS’A Sumenep
6.      Salamet S S.Pd, selaku akasek kurikulum di SMP YAS’A Sumenep
7.      Ach. Syafrul W, S.Pd, selaku Waksek Kesiswaan di SMP YAS’A Sumenep
8.      Drs. Suyibo, selaku Koord. Guru BP / BK di SMP YAS’A Sumenep
9.      Mura’ie S.Pdi, selaku guru pamong BK di SMP YAS’A Sumenep yang selalu memberikan bimbingan dan pengarahan selama Praktik Pengalaman Lapangan berlangsung.
10.  Segenap Guru dan Karyawan serta keluarga Besar SMP YAS’A Sumenep
11.  Siswa-siswi SMP YAS’A Sumenep
12.  Rekan-rekan Mahasiswa PPL di SMP/SMA YAS’A Sumenep.
13.  Semua pihak yang telah membantu dari awal sampai akhir dalam pelaksanaan PPL.
Tak ada gading yang tak retak adalah peribahasa yang pantas untuk menggambarkan kondisi laporan ini. Oleh kerena itu, praktikan mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi perbaikan laporan ini selanjutnya.
Mudah-mudahan laporan ini bermanfaat bagi kita semua, khususnya kami sebagai calon pendidik yang nantinya terjun dalam dunia pendidikan dan umumnya bagi pembaca untuk menambah pengetahuannya.
Sumenep, 27 November 2012
Praktikan,



Tasili
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL............................................................................................................ ......... i
HALAMAN LEMBAR PENGESAHAN............................................................................ ........ ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................................... ....... iii
DAFTAR ISI......................................................................................................................... ........ v

BAB I  PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang………………………………………………………………….…………….1
B.       Tujuan PPL…………………………………………………………………….…………......1
C.       Manfaat PPL…………………………………………………………………….……………1
D.      Alokasi Waktu……………………………………………………………………….…….....2

BAB II  LAPORAN PELAKSANAN PERAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
A. Layanan Layanan………………………………………………………………………………3

BAB III LAPORAN HASIL PERAKTEKAN PENGALAMAN LAPANGAN
Study Kasus………………………………………………………………………….……………4

BAB IV   KESIMPULAN
A.      Simpulan………………………...……………………………….…..……………….………7
B.       Saran……….……………………………………………………………………….…...…....7


 
BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan intrakurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa keguruan dalam melaksanakan latihan mengajar nyata di kelas dengan siswa, disamping juga dapat berupa tugas kependidikan di luar mengajar yang dilaksanakan secara terbimbing dan terpadu pada satuan pendidikan dalam rangka pembentukan profesi kependidikan.
Dalam kesempatan ini, guru praktikan mempunyai peluang untuk menerapkan wacana keilmuan yang diperole di bangku kuliah. Dalam kegiatan PPL, guru praktikan banyak mendapatkan pengalaman serta pengetahuan-pengetahuan di bidang kependidikan yaitu berupa kinerja dalam semua hal yang berkaitan dengan jabatan keguruan baik kegiatan mengajar mau pun tugas-tugas keguruan lain.
Dari kegiatan ini, guru praktikan berharap agar pengalaman yang saya peroleh selama Praktik Pengalaman Lapangan dapat menjadi bekal di masa depan terutama di saat guru praktikan benar-benar menjadi seorang pendidik.
Dalam praktik pengalaman lapangan ini, saya sebagai guru praktikan ditempatkan di SMP YAS’A SUMENEP.


B.  Tujuan PPL
Tujuan dari Praktek Pengalaman Lapangan yaitu :
1.      Tujuan Umum
a.    Menjalin hubungan yang baik antara STKIP PGRI SUMENEP dengan SMP YAS’A SUMENEP
b.    Menjalin hubungan baik antara mahasiswa praktikan dengan seluruh warga SMP YAS’A SUMENEP.
c.     Menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman.

2.      Tujuan Khusus
1.      Memberi bekal bagi mahasiswa kependidikan agar dapar mempersiapkan dirinya menjasi seorang pendidik atau guru.
2.      Memperaktekkan ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah.
3.      Menciptakan calon pendidik yang memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.

C.  Manfaat PPL
Manfaat PPL secara umum yaitu memberi bekal kepada mahasiswa praktikan agar memiliki kompetensi profesional, kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Selain itu, pelaksanaan PPL diharapkan dapat memberikan manfaat terhadap semua komponen yang terkait dalam PPL tersebut, seperti mahasiswa, sekolah, dan perguruan tinggi yang bersangkutan.
1.     Manfaat bagi Mahasiswa
a)      Mendapatkan kesempatan untuk mempraktekkan bekal yang diperoleh selama kuliah perkuliahan ditempat PPL.
b)      Mengetahui dan mengenal secara langsung proses belajar mengajar di sekolah latihan.
c)      Memperdalam pengertian dan penghayatan peserta didik tentang pelaksanaan pendidikan.
d)     Mendewasakan cara berpikir, meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah pendidikan yang ada di sekolah.

2.     Manfaat bagi   SMP YAS’A SUMENEP
a)      Meningkatkan kualitas pendidikan.
b)      Memberikan masukan kepada sekolah atas hal-hal atau ide-ide baru dalam perencanaan program pendidikan yang akan datang.

3.     Manfaat bagi STKIP PGRI SUMENEP
a)      Memperoleh masukan tentang kasus pendidikan yang dipakai sebagai bahan pertimbangan penelitian.
b)      Memperluas dan meningkatkan jaringan kerja sama dengan sekolah-sekolah latihan.
c)      Memperoleh masukan tentang perkembangan pelaksanaan PPL, sehingga kurikulum dan metode yang dipakai dapat disesuaikan dengan tuntutan yang ada di lapangan.

D.  Alokasi Waktu
Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan di mulai dari tanggal 01 Oktober 2012 s/d 01 Desember 2012 di SMP YAS’A SUMENEP.










BAB II
LAPORAN PELAKSANAAN PERAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN

A. LAYANAN LAYANAN
Dalam peraktek pengalaman lapangan layanan bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang perlu dilakukan sebagai wujud penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling terhadap sasaran layanan, yaitu peserta didik. Adapun layanan bimbngan dan konseling adalah sebgai berikut :
a.       Layanan orientasi
b.      Layanan informasi
c.       Layanan penempatan dan penyaluran
d.      Layanan konsultasi
e.       Layanan konseling individu
f.       Layanan bimbingan kelompok
g.      Layanan konseling kelompok
h.      Layanan mediasi
i.        Layanan penguasaan konten
Dan di dalam peraktek pengalaman lapangan layanan dalam peraktek pengalaman lapangan layanan bimbingan dan konseling yang pernah dilakukan atau di berikan oleh saya kepada seswa salah satunya adalah :
a.       Layanan orientasi
b.      Layanan informasi
c.       Layanan penempatan dan penyaluran
d.      Layanan bimbingan kelompok
e.       Layanan konseling kelompok

Layanan pendukung yang pernah saya lakukan salah satunya adalah
a.       DCM (daftar cek masalah)






BAB III
LAPORAN HASIL PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

STUDY KASUS

Nama konseli              : A (Nama samaran)
Jenis kelamin               : Laki-laki
Kelas                           : VIII SMP YAS’A Sumenep
Keluhan konseli          :
1.      Malas masuk sekolah
2.      Kurang semangat untuk sekolah
Gejala yang tampak    :
1.      Males masuk kelas
                                                                                                                                             
A.    Indentitas diri siswa
1. Nama Lengkap Siswa                     : A (Nama samaran)
Kelas                                             : VIII-I
Sekolah                                          : SMP YAS’A SUMENEP
Jenis kelamin                                 : Laki-laki
Agama                                           : Islam
Status dalam keluarga                   : Anak kandung
Status kewarganegaraan                : WNI
Siswa tinggal dengan                    : Pondok

2.    Keadaan Fisik                                
Tinggi badan                                 : 155 cm
Berat badan                                   : 58 kg
Warna kulit                                    : Sao matang
Bentuk wajah                                : Bulat
3.    Keadaan Kesehatan
Pengelihatan                                  : Buram
Pendengaran                                  : Baik
Pembicaraan                                  : Cukup Baik
Penyakit yang sering diderita        : Emag
4.    Indentitas Keluarga
Nama ayah                                                : M (Nama samaran)
Pekerjaan                                       : Maestro Treaner
Agama                                           : Islam
Status kewarganegaraan                : WNI
Nama ibu                                       : J (Nama samaran)
Pekerjaan                                       : Manajer Lembaga Insan Diname Indonesia
Agama                                           : Islam
Status kewarganegaraan                : WNI

Ilustrasi Kasus
A adalah siswa kelas VIII di SMP YAS’A SUMENEP anak dari pasangan M dan J, dia anak yang jauh dari orang tuanya, dia  tinggal di pondok dan dia males masuk sekolah dikarenakan jauh dari orang tuanya, hal inilah yang mengakibatkan banyak fikiran pada anak tersebut sehingga anak itu menjadi males masuk kelas.
B.     Analisis data
1.      Data diri konseli
-          Sehat jasmani
2.      Data dari Guru
-          Siswa aktif
-          Males masuk kelas
3.      Data dari teman
-          Sering melamun






C.    Sintesis
1.      Gejala yang tampak atau penyimpangan yang terjadi/keluhan siswa:
1.1    Sering males masuk kelas
2.      Kondisi / hal-hal yang berhubungan dngan diri siswa
2.1    Kesehatan cukup baik
2.2    Sering ngelamun
3.      Hal-hal yang berhubungan dengan teman
3.1    Kurang suka dengan teman kelas

C. Diagnosa
Sebab sebab timbulnya masalah
-          Jauh dari orang tua
-          Anak pondok
Dari penyebab timbulnya masalah tersebut anak ini merasa males masuk kelas karena jauh dari orang tua (rindu).
D.    Prognosis
Setelah menganalisa masalah konseli dari hasil diagnosis masalah konseli adalah diberikan layanan strategi cognitive restructuring konseling individual.
E.     Treatment
Langkah konselor dalam pemberian treatment pada konseli adalah
o  Konselor menciptakan raport pada klien
o  Konselor menggali informasi tentang permasalahan klien
o  Klien diajak menyelesaikan masalah dan menawarkan menyelesaikan masalahnya dengan menggunakan tehnik strategi cognitive restructuring konseling individual
o  Klien dilatih untuk menyelesaikan masalah dengan tekhnik strategi cognitive restructuring konseling individual untuk menghilangkan pemikiran negatif pada diri klien
o  Klien melaporkan hasil dari pelaksanaan terapi dengan menggunakan strategi cognitive restructuring konseling individual serta melaporkan kendala-kendala yang dialami selama proses terapi tersebut







BAB IV
PENUTUP

A.      KESIMPULAN
            Kesimpulan yang diperoleh saya setelah melaksanakan PPL di SMP YAS’A SUMENEP adalah:
1.      Mendapatkan pengalaman dengan mengetahui kondisi lapangan yang sebenarnya. Dalam hal ini adalah lingkungan sekolah yang meliputi pembelajaran di kelas, persatuan dalam kelompok, administrasi sekolah, dan keadaan siswa.
2.      Dalam proses pembelajarannya, seorang guru harus menguasai materi sehingga dalam penyampaiannya tidak terkesan tidak siap dan tidak profesional.
3.      Seorang guru harus memiliki kesabaran dalam membimbing siswa yang   mempunyai karakter yang berbeda.
4.      Guru hendaknya sebelum mengawali pengajaran mempersiapkan perangkat mengajar yang diperlukan.
5.      Tujuan diadakan PPL adalah untuk membina mahasiswa menjadi calon mengaktualisasikan dengan prinsip-prinsip kependidikan, berdasarkan kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.

B.  Saran
1.      Sebagai seorang guru tidak cukup hanya bermodalkan ilmu pengetahuan yang tinggi, tetapi juga bagaimana cara penyampaian ilmu tersebut kepada siswa.
2.      Mahasiswa PPL diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah tempat PPL dan memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sebagai bekal ketika terjun dalam masyarakat sebagai tenaga pendidik yang profesional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar