LEMBAR PENGESAHAN
Nama : Tasili
Tempat, Tgl. Lahir : Sumenep, 16 Agustus 1988
NPM. : 100.86201.1.1.A.000272
Prodi : Pendidikan
Bimbingan dan Konseling
Telah menyelesaikan
kegiatan PPL II di Sekolah SMP YAS’A SUMENEP dari tanggal 01 Oktober 2012 s/d
01 Desember 2012
Sumenep, 27
November 2012
|
|
Guru Pamong
Mura’ie, S.Pdi
NIP
|
Mahasiswa PPL
Tasili
NPM. 100.86201.1.1.A.000272
|
Mengetahui
|
|
Kepala Sekolah
SMP YAS’A SUMENEP
Drs. H. Mahfudh Rahman
NIP.
|
Dosen Pembimbing
Lapangan
Riskiyah, S.Pd
NIP.
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga
penyusunan laporan Praktik Pengalaman Lapangan ini dapat terselaisaikan. Sholawat serta
salam kami sampaikan kepada Rasulullah SAW serta para keluarganya yang telah
membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang diridhoi Allah SWT.
Alhamdulillah akhirnya praktikan dapat menjalani serangkaian kegiatan PPL di
SMP YAS’A Sumenep dengan lancar tanpa hambatan berarti.
Penyusunan Laporan Praktik Pengalaman Lapangan ini disusun sebagai salah
satu syarat guna memenuhi tugas dari mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan
(PPL) yang kami di tempatkan di SMP YAS’A Sumenep mulai dari
tanggal 01 Oktober 2012 sampai dengan tanggal 01 Desember 2012. Praktik
Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa khususnya
program kependidikan pada dunia kerja yang akan digelutinya. Disamping itu
untuk memperoleh kesadaran profesional keguruan atau kependidikan yang lebih mendalam.
Penulisan laporan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ini tidak
terlepas dari bimbingan, bantuan dan saran dari berbagai pihak. Oleh karena
itu, pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat:
1.
Musaheri M.Pd, selaku Rektor STKIP PGRI Sumenep yang telah memberikan izin Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL).
2.
Riskiyah S.Pd, selaku DPL di SMP YAS’A Sumenep
3.
KH. Moh. Wakir Abdullah, selaku pengasuh pondok pesantren YAS’A Sumenep
4.
Drs. H. Mahfudh Rahman,
selaku kepala sekolah di SMP YAS’A Sumenep
5.
M. Zaini S,Pd,
selaku komite sekolah di SMP YAS’A
Sumenep
6.
Salamet S S.Pd, selaku akasek kurikulum di SMP YAS’A Sumenep
7.
Ach. Syafrul W, S.Pd, selaku Waksek Kesiswaan di SMP YAS’A Sumenep
8. Drs.
Suyibo, selaku Koord. Guru BP / BK di SMP YAS’A Sumenep
9.
Mura’ie S.Pdi, selaku guru pamong BK di SMP YAS’A Sumenep yang selalu memberikan bimbingan dan pengarahan selama Praktik Pengalaman
Lapangan berlangsung.
10.
Segenap Guru dan Karyawan serta keluarga Besar SMP YAS’A Sumenep
11.
Siswa-siswi SMP YAS’A Sumenep
12.
Rekan-rekan Mahasiswa PPL di SMP/SMA YAS’A Sumenep.
13.
Semua pihak yang telah membantu dari awal sampai akhir dalam pelaksanaan
PPL.
Tak ada gading yang tak retak adalah peribahasa yang pantas untuk
menggambarkan kondisi laporan ini. Oleh kerena itu, praktikan mengharapkan
kritik dan saran yang membangun demi perbaikan laporan ini selanjutnya.
Mudah-mudahan laporan ini bermanfaat bagi kita semua, khususnya kami
sebagai calon pendidik yang nantinya terjun dalam dunia pendidikan dan umumnya
bagi pembaca untuk menambah pengetahuannya.
Sumenep,
27 November 2012
Praktikan,
Tasili
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................................................ .........
i
HALAMAN LEMBAR PENGESAHAN............................................................................ ........
ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................................... .......
iii
DAFTAR ISI......................................................................................................................... ........
v
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang………………………………………………………………….…………….1
B.
Tujuan PPL…………………………………………………………………….…………......1
C.
Manfaat PPL…………………………………………………………………….……………1
D.
Alokasi Waktu……………………………………………………………………….…….....2
BAB II LAPORAN PELAKSANAN PERAKTEK PENGALAMAN
LAPANGAN
A. Layanan Layanan………………………………………………………………………………3
BAB III LAPORAN
HASIL PERAKTEKAN PENGALAMAN LAPANGAN
Study Kasus………………………………………………………………………….……………4
BAB IV KESIMPULAN
A.
Simpulan………………………...……………………………….…..……………….………7
B.
Saran……….……………………………………………………………………….…...…....7
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan intrakurikuler yang dilakukan oleh
mahasiswa keguruan dalam melaksanakan latihan mengajar nyata di kelas dengan
siswa, disamping juga dapat berupa tugas kependidikan di luar mengajar yang
dilaksanakan secara terbimbing dan terpadu pada satuan pendidikan dalam rangka
pembentukan profesi kependidikan.
Dalam
kesempatan ini, guru praktikan mempunyai peluang untuk menerapkan wacana
keilmuan yang diperole di bangku kuliah. Dalam kegiatan PPL, guru praktikan
banyak mendapatkan pengalaman serta pengetahuan-pengetahuan di bidang
kependidikan yaitu berupa kinerja dalam semua hal yang berkaitan dengan jabatan
keguruan baik kegiatan mengajar mau pun tugas-tugas keguruan lain.
Dari
kegiatan ini, guru praktikan berharap agar pengalaman yang saya peroleh selama
Praktik Pengalaman Lapangan dapat menjadi bekal di masa depan terutama di saat
guru praktikan benar-benar menjadi seorang pendidik.
Dalam
praktik pengalaman lapangan ini, saya sebagai guru praktikan ditempatkan di SMP
YAS’A SUMENEP.
B. Tujuan PPL
Tujuan dari Praktek Pengalaman Lapangan
yaitu :
1.
Tujuan Umum
a.
Menjalin
hubungan yang baik antara STKIP PGRI SUMENEP dengan SMP YAS’A SUMENEP
b.
Menjalin
hubungan baik antara mahasiswa praktikan dengan seluruh warga SMP YAS’A
SUMENEP.
c.
Menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman.
2.
Tujuan Khusus
1.
Memberi bekal
bagi mahasiswa kependidikan agar dapar mempersiapkan dirinya menjasi seorang
pendidik atau guru.
2.
Memperaktekkan
ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah.
3.
Menciptakan
calon pendidik yang memiliki empat kompetensi
yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan
kompetensi sosial.
C. Manfaat PPL
Manfaat PPL secara umum yaitu memberi
bekal kepada mahasiswa praktikan agar memiliki kompetensi profesional,
kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Selain
itu, pelaksanaan PPL diharapkan dapat memberikan manfaat terhadap semua
komponen yang terkait dalam PPL tersebut, seperti mahasiswa, sekolah, dan
perguruan tinggi yang bersangkutan.
1.
Manfaat bagi
Mahasiswa
a)
Mendapatkan
kesempatan untuk mempraktekkan bekal yang diperoleh selama kuliah perkuliahan
ditempat PPL.
b)
Mengetahui dan
mengenal secara langsung proses belajar mengajar di sekolah latihan.
c)
Memperdalam
pengertian dan penghayatan peserta didik tentang pelaksanaan pendidikan.
d)
Mendewasakan
cara berpikir, meningkatkan daya penalaran mahasiswa dalam melakukan
penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah pendidikan yang ada di sekolah.
2.
Manfaat bagi SMP YAS’A SUMENEP
a)
Meningkatkan
kualitas pendidikan.
b)
Memberikan
masukan kepada sekolah atas hal-hal atau ide-ide baru dalam perencanaan program
pendidikan yang akan datang.
3.
Manfaat bagi
STKIP PGRI SUMENEP
a)
Memperoleh
masukan tentang kasus pendidikan yang dipakai sebagai bahan pertimbangan
penelitian.
b)
Memperluas dan
meningkatkan jaringan kerja sama dengan sekolah-sekolah latihan.
c)
Memperoleh
masukan tentang perkembangan pelaksanaan PPL, sehingga kurikulum dan metode
yang dipakai dapat disesuaikan dengan tuntutan yang ada di lapangan.
D. Alokasi Waktu
Kegiatan
Praktek Pengalaman Lapangan di mulai dari tanggal 01 Oktober 2012 s/d 01
Desember 2012 di SMP YAS’A SUMENEP.
BAB
II
LAPORAN
PELAKSANAAN PERAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
A. LAYANAN LAYANAN
Dalam
peraktek pengalaman lapangan layanan
bimbingan dan konseling merupakan kegiatan yang perlu dilakukan sebagai wujud
penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling terhadap sasaran layanan,
yaitu peserta didik. Adapun layanan bimbngan dan konseling adalah sebgai
berikut :
a.
Layanan
orientasi
b.
Layanan
informasi
c.
Layanan
penempatan dan penyaluran
d.
Layanan
konsultasi
e.
Layanan
konseling individu
f.
Layanan
bimbingan kelompok
g.
Layanan
konseling kelompok
h.
Layanan mediasi
i.
Layanan
penguasaan konten
Dan di dalam peraktek pengalaman lapangan layanan dalam
peraktek pengalaman lapangan layanan
bimbingan dan konseling yang pernah dilakukan atau di berikan oleh saya kepada
seswa salah satunya adalah :
a.
Layanan
orientasi
b.
Layanan
informasi
c.
Layanan
penempatan dan penyaluran
d.
Layanan bimbingan
kelompok
e.
Layanan
konseling kelompok
Layanan
pendukung yang pernah saya lakukan salah satunya adalah
a.
DCM (daftar cek
masalah)
BAB
III
LAPORAN
HASIL PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
STUDY KASUS
Nama konseli : A (Nama samaran)
Jenis kelamin : Laki-laki
Kelas : VIII SMP YAS’A
Sumenep
Keluhan konseli :
1.
Malas masuk
sekolah
2.
Kurang semangat
untuk sekolah
Gejala
yang tampak :
1.
Males masuk
kelas
A. Indentitas diri siswa
1. Nama Lengkap Siswa : A (Nama samaran)
Kelas
:
VIII-I
Sekolah : SMP YAS’A
SUMENEP
Jenis
kelamin :
Laki-laki
Agama : Islam
Status
dalam keluarga : Anak kandung
Status
kewarganegaraan : WNI
Siswa tinggal dengan : Pondok
2.
Keadaan Fisik
Tinggi badan : 155 cm
Berat badan : 58
kg
Warna kulit :
Sao matang
Bentuk wajah : Bulat
3.
Keadaan Kesehatan
Pengelihatan : Buram
Pendengaran : Baik
Pembicaraan : Cukup
Baik
Penyakit yang sering diderita :
Emag
4.
Indentitas Keluarga
Nama
ayah :
M (Nama samaran)
Pekerjaan
:
Maestro Treaner
Agama :
Islam
Status
kewarganegaraan : WNI
Nama
ibu :
J (Nama samaran)
Pekerjaan : Manajer
Lembaga Insan Diname Indonesia
Agama :
Islam
Status
kewarganegaraan : WNI
Ilustrasi
Kasus
A
adalah siswa kelas VIII di SMP YAS’A SUMENEP anak dari pasangan M dan J, dia anak yang jauh dari orang
tuanya, dia tinggal di pondok dan dia males
masuk sekolah dikarenakan jauh dari orang tuanya, hal inilah yang mengakibatkan
banyak fikiran pada anak tersebut sehingga anak itu menjadi males masuk kelas.
B. Analisis data
1.
Data diri konseli
-
Sehat jasmani
2.
Data dari Guru
-
Siswa aktif
-
Males masuk
kelas
3.
Data dari teman
-
Sering melamun
C.
Sintesis
1. Gejala yang tampak atau
penyimpangan yang terjadi/keluhan siswa:
1.1 Sering males masuk
kelas
2. Kondisi / hal-hal yang
berhubungan dngan diri siswa
2.1 Kesehatan cukup baik
2.2 Sering ngelamun
3. Hal-hal yang
berhubungan dengan teman
3.1 Kurang suka dengan
teman kelas
C.
Diagnosa
Sebab
sebab timbulnya masalah
-
Jauh dari orang
tua
-
Anak pondok
Dari
penyebab timbulnya masalah tersebut anak ini merasa males masuk kelas karena
jauh dari orang tua (rindu).
D.
Prognosis
Setelah
menganalisa masalah konseli dari hasil diagnosis masalah konseli adalah
diberikan layanan strategi cognitive restructuring konseling individual.
E. Treatment
Langkah konselor dalam pemberian
treatment pada konseli adalah
o Konselor
menciptakan raport pada klien
o Konselor
menggali informasi tentang permasalahan klien
o Klien
diajak menyelesaikan masalah dan menawarkan menyelesaikan masalahnya dengan
menggunakan tehnik strategi cognitive restructuring konseling individual
o Klien
dilatih untuk menyelesaikan masalah dengan tekhnik strategi cognitive
restructuring konseling individual untuk menghilangkan pemikiran negatif pada
diri klien
o Klien
melaporkan hasil dari pelaksanaan terapi dengan menggunakan strategi cognitive
restructuring konseling individual serta melaporkan kendala-kendala yang
dialami selama proses terapi tersebut
BAB
IV
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Kesimpulan yang diperoleh saya setelah melaksanakan PPL di SMP YAS’A
SUMENEP adalah:
1.
Mendapatkan pengalaman dengan mengetahui kondisi lapangan
yang sebenarnya. Dalam hal ini adalah lingkungan sekolah yang meliputi
pembelajaran di kelas, persatuan dalam kelompok, administrasi sekolah, dan keadaan siswa.
2.
Dalam proses pembelajarannya, seorang guru harus menguasai
materi sehingga dalam penyampaiannya tidak terkesan tidak siap dan tidak
profesional.
3.
Seorang guru harus memiliki kesabaran dalam membimbing
siswa yang mempunyai
karakter yang berbeda.
4.
Guru hendaknya sebelum mengawali pengajaran mempersiapkan
perangkat mengajar yang diperlukan.
5.
Tujuan diadakan PPL adalah untuk membina mahasiswa
menjadi calon mengaktualisasikan dengan prinsip-prinsip kependidikan,
berdasarkan kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.
B. Saran
1.
Sebagai seorang guru tidak cukup hanya bermodalkan ilmu pengetahuan
yang tinggi, tetapi juga bagaimana cara penyampaian ilmu tersebut kepada
siswa.
2.
Mahasiswa PPL diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan
lingkungan sekolah tempat PPL dan memanfaatkan kegiatan ini dengan
sebaik-baiknya sebagai bekal ketika terjun dalam masyarakat sebagai tenaga
pendidik yang profesional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar