Sabtu, 08 Desember 2012

LAMPIRAN LAPORAN PPL II VERBATIM


C. VERBATIM

1. Identitas Konseling
Nama konseli               : A (Nama samaran)
Jenis kelamin                : Laki-laki
Kelas                           : VIII SMP YAS’A Sumenep
2. Sinopsis
A adalah siswa kelas VIII di SMP ISLAM YAS’A SUMENEP anak dari pasangan M dan J, dia anak yang jauh dari orang tuanya, dia  tinggal di pondok dan dia males masuk sekolah dikarenakan jauh dari orang tuanya, hal inilah yang mengakibatkan banyak fikiran pada anak tersebut sehingga anak itu menjadi males masuk kelas.
3. Kasus
Males masuk sekolah dan takut perestasi menurun.
4. Kontrak
1.      Attending
2.      Menajukan pertanyaan
3.      Rapport
4.      Cek persepsi
5.      Leading
6.      Pertanyaan profesional
7.      Memusatkan
8.      Refleksi perasaan
9.      Konfrontasi
10.  Klasifikasi masalah
11.  Mengarahkan
12.  Reframing
13.  Summarising / meringkas
14.  Terminasi / penutup
5. Strategi Yang Digunakan
Strategi cognitive restructuring
No
Pelaku
Dialog
Keterampilan Dasar
1
Konseli
Selamat pagi pak!
Rapport
Konselor
Selamat pagi, silahkan masuk
2
Konseli
Terima kasih pak,,,
Rapport
Konselor
Silahkan duduk nak
3
Konseli
Terima kasih pak, maaf mengganggu waktu bapak
Rapport
Konselor
Oh, sama sekali ridak, bagaimana kabar kamu hari ini?
4
Konseli
Baik pak,,
Rapport
Konselor
Bagaimana dengan teman di kelasmu?
5
Konseli
Yah begitulah pak,,
Cak persepsi
Konselor
Kok begitulah, apa yang kamu maksud dengan kata-kata begitulah,,
6
Konseli
Gini pak, saya merasa bingung dengan diri saya?
Leading
Konselor
Kalau bapak boleh tau, apa yang membuat kamu bingung?
7
Konseli
Terima kasih pak, bapak bersedia mau mendengarkan masalah saya,,
Pertanyaan profesional
Konselor
Tapi sebelum kita memulai proses konseling ini, apakah kamu pernah mengikuti konseling dan tau apa pengertian dari konseling itu?
8
Konseli
Belum pernah pak,,
Pertanyaan profesional
Konselor
Kalau begitu sebelum kita mulai proses konseling ini, bapak akan menjelaskan dulu apa itu konseling,, apa kamu setuju?
9
Konseli
Iya pak,, saya setuju
Leading
Konselor
Begini, konseling adalah proses bantuan profesional yang diberikan oleh konselor kepada konseli untuk membantu memecahkan masalah klien, dimana klien dibantu untuk bisa memecahkan masalahnya sendiri dan pemecahan masalah itu dari klien sendiri lho nak,.
10
Konseli
Iya pak,,
leading
Konselor
Di dalam konseling,, dibutuhkan waktu 30-40 menit, dan apabila selama waktu itu masalahmu belum terselesaikan, kita bisa mengadakan perjanjian untuk melanjutkan di pertemuan berikutnya,,,
11
Konseli
Iya pak, tapi sebelum saya menceritakan masalah saya, apakah masalah saya terjamin kerahasiaannya?

Konselor
Oya, di dalam konseling ada beberapa asas, diantaranya asas kerahasiaan dimana masalah klien hanya klien dan konselor yang tau,, apa kamu paham?
12
Konseli
Iya pak, saya paham.
memusatkan
Konselor
Kalau begitu, kamu boleh menceritakan masalahmu sekarang,,
13
Konseli
Begini pak, saya bingung dengan diri saya
memusatkan
Konselor
Emang apa yang membuat kamu bingung?
14
Konseli
Saya selalu merasa males untuk masuk kelas
Refleksi perasaan
Konselor
Kenapa bisa seperti itu?
15
Konseli
Saya kurang tahu kenapa saya marasa males
Pertanyaan terbuka
Konselor
Sekarang bapak mau tanya, apa yang membuat kamu males?
16
Konseli
Ya mungkin karena saya jauh dari orang tua
Nah itu lah pak yang buat saya minder.
Refleksi perasaan
Konselor
Oh begitu.....
17
Konseli
Iya pak...........
Pertanyaan terbuka
Konselor
Lalu apa yang kamu inginkan sekarang?
18
Konseli
Saya ingin menghilangkan rasa males saya pak, mungkin dengan rasa mmales saya hilang dan saya bisa nyaman masuk kelas
Reframing dan meringkas
Konselor
Oh, jadi begitu? Baik bapak mau simpulkan dulu masalah yang kamu hadapi saat ini. Saat ini kamu merasa males masuk kelas  karena kamu jauh dari orang tua.
19
Konseli
Iya pak benar!
Leading
Konselor
Nah, di dalam konseling ada salah satu strategi yang cocok buat masalah kamu.
20
Konseli
Apa itu pak?
konfrontasi
Konselor
Baik, bapak jelaskan dulu, strategi itu adalah strategi cognitive restructuring. Dimana strategi itu membantu klien belajar mengenal dan menghentikan pikiran-pikiran negative yang merusak diri, tetapi juga menggantikan pikiran-pikiran tersebut dengan pikiran yang positif. Bagaimana apakah kamu sudah paham?
21
Konseli
Iya pak, sekarang saya paham.

Konselor
Kalau begitu bisa kita mulai sekarang, apakah kamu sudah siap?
22
Konseli
Iya pak
Leading
Konselor
Baik, sekarang dengarkan bapak. Kamu duduk dengan tenang, kemudian pikirkan apa yang membuat kamu males dan kemudian kamu ucapkan secara tenang. Selanjutnya ubah pikiran yang tadi kamu ucapkan ke pikiran yang positif
23
Konseli
Contohnya bagaimana pak? Saya masih kurang mengerti.
Pertanyaan tertutup
Konselor
Begini,, tadi kamu kan males masuk kelas, sekarang kamu ucapkan apa yang membuat kamu males. Setelah itu kamu ubah pikiran negatif itu ke pikiran yang positif, dan yakinkan dirimu kalau kamu itu pasti bisa. Kamu mengerti?
24
Konseli
Iya pak saya sudah mengerti.
Mengarahkan
Konselor
Ok, sekarang lakukan. Duduk dengan tenang, dan pikirkan apa yang bisa membuat kamu males, setelah itu ucapkanlah apa yang ada di pikiranmu.
25
Konseli
Baik pak..
·        Saya merasa males masuk keas karena saya jauh dari orang tua.
·        Saya takut prestasi belajar saya menurun
reframing
Konselor
Ok, berhenti. Sekarang kamu ubah pikiran itu menjadi pikiran positif dan yakinkan kamu harus bisa.
Ok,, mulai...........
26
Konseli
·        Saya pasti bisa semangat masukkelas
·        Saya pasti bisa dapat nilai yang baik
reframing
Konselor
Ok.. berhenti, sekarang bagaimana perasaanmu?
27
Konseli
Sudah agak mendingan dan agak tenang dari pada yang tadi pak.
Pertanyaan terbuka
Konselor
Kalau begitu kamu bisa melakukan hal itu lagi di pondok, di saat diri kamu merasa males, tapi jangan lupa kamu harus banyak berdoa pada tuhan
28
Konseli
Iya pak,, akan saya usahakan. Dan terima kasih atas bantuannya.
terminasi
Konselor
Iya sama-sama, kalau kamu punya masalah lagi kamu bisa menghubungi bapak lagi.
28
Konseli
Baik pak, kalau begitu saya permisi dulu
Selamat pagi
terminasi
Konselor
Selamat pagi juga
Semoga sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar