PROGRAM TAHUNAN
PROGRAM
TAHUNAN
PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF
SMP ISLAM YAS’A SUMENEP TAHUN AJARAN
2011/2012
I. PERSIAPAN
NO
|
KEGIATAN
|
TUJUAN KEGIATAN
|
URAIAN
KEGIATAN
|
WAKTU
|
KETERANGAN
|
1
|
Penyusunan Program BK
|
Perencanaan kegiatan pelayanan BK
selama 1 tahun
|
Membuat program tahunan, semesteran,
bulanan, mingguan dan harian
|
Raker sekolan
Bulan juni
|
Kelompok dan kerjasama tim BK akan
mensukseskan pelaksanaan program
|
2
|
Menyusun silabus dan RPP
|
Kegiatan program pelayanan BK
klasikal
|
Menyusun materi pelayanan BK klasikal
kegiatan dan penilaianya.
|
Minggu efektif
|
10 aspek pengembangan dalam standar
kompetensi kemandirian peserta didik untuk SMP
|
3
|
Konsultasi Program BK
|
Diketahui dan disetujui oleh sekolah
|
Program pelayanan BK tersusun
berdasarkan tindak lanjut dari program sebelumnya
|
Raker sekolah
|
Menjadi bagian dari program sekolah
|
4
|
Pengadaan sarana dan prasarana BK
|
Melancarkan pelaksanaan program BK
|
Daftar kebutuhan sarana dan prasarana
BK
|
Raker sekolah
|
Ruang BK ideal, Pelayanan BK menjadi
efektif dan bermanfaat bagi seluruh
personel sekolah
|
Cat :
sesuikan dengan kelas binaan / tugas
pembuatan program dan jadwal sekolah
II. PELAKSANAAN
NO
|
KOMPONEN
PROGRAM
|
STRATEGI
PELAYANAN
|
MATERI
|
TUJUAN
|
URAIAN
KEGIATAN
|
WAKTU
|
KETERANGAN
|
1
|
PELAYANAN DASAR
|
Pelayanan klasikal
|
Modul BK kls VII
|
Melayani peserta didik secara
klasikal
|
Pelayanan BK klaasikal
|
Ags - Mei
|
1 JP/minggu
|
Pelayanan Orientasi
|
Kls VII, MOS
|
Memberikan
informasi terkini tentang SMP ISLAM YAS’A Sumenep
|
Kegiatan pengenalan sekolah yang
menarik dan menyenangkan
|
|
Panitia MOS
Guru BK
|
||
Pelayanan Informasi
|
Bimb.Pribadi, sosial, belajar,
karier.
|
Memberikan informasi yang dibutuhkan
peserta didik diawal masa remajanya
|
BK klaikal, diruang BK dan dikelas
|
|
Guru BK
|
||
Bimbingan kelompok
|
Berita terkini
|
Melatih peserta didik dalam berfikir
dan bersosialisasi
|
Berita terkini terkait dengan
kepribadian peserta didik
|
Jadwal perkelas
|
Dinamika kelomppok
|
||
Aplikasi instrumen
|
Tes dan non tes
|
Mengetahui peserta didik lebih mendalam
|
Himpunan data peserta didik , DCM,
sosiometri
|
juni, juni, Oktober
|
Harus diolah dan diinformasikan kepada
peserta didik
|
||
2
|
PELAYANAN RESPONSIF
|
Konseling Individu/Kelompok
|
Masa awal remaja
|
Membantu memecahkan masalah peserta
didik
|
Pelayanan BK secara individu/kelompok
|
|
|
Referal
|
Masalah
|
Mengalihtangankan solusi masalah
peserta didik kepada tenaga ahli yang lebih berwenang
|
Solusi masalah yang menyangkut
keadaan fisik dan psikis peserta didik
|
|
Daftar tenaga ahli
|
||
Kolaborasi Guru
|
Peserta didik dengan mata
pelajarannya
|
Peserta didik dapat mengikuti
kegiatan pelajaran di kelas
|
Pembelajaran yang mendidik
|
|
Daftar wali kelas dan guru mata
pelajaran
|
||
Kolaborasi orang tua
|
Keluarga
|
Komunikasi keluarga yang harmonis
|
Komunikasi orang tua dengan sekolah
persuasif
|
|
|
||
Kolaborasi ahli lain
|
Aspek Perkembangan
|
Memperluas wawasan peserta didik
dalam menemukan jati dirinya
|
Mengundang tenaga ahli untuk
memperluas wawasan penetahuan peserta didik
|
Terjadwal
|
Daftar tenaga ahli
|
||
Konsultasi
|
Aspek perkembangan
|
Peserta didik konsultasi tanpa beban
|
Pelayanan BK yang memandirikan
|
|
Format konsultasi
|
||
Bimbingan teman sebaya
|
Pergaulan
|
Mengembangkan empati terhadap teman
|
Belajar, bergaul, sambil curhat
|
|
Buku curhat
|
||
Konferensi kasus
|
Pelanggaran tata tertib sekolah
|
Solusi masalah bersama terkait
peraturan sekolah
|
Konferensi untuk solusi masalah
setelah 3 kali perjanjian
|
|
Keputusan pada Kepala Sekolah
|
||
Kunjungan rumah
|
Sousi masalah
|
Solusi masalah secara kekeluargaan
|
Kunjungan rumah yang terprogram
|
|
|
||
3
|
PERENCANAAN INDIVIDUAL
|
Pengembangan media
|
Bimbingan karir
|
Membantu peserta didik menentukan
jurusan untuk studi lanjutannya
|
Peserta didik diberi kesempatan untuk
berkonsultasi dengan guru BK terkait dg pemilihan karir dan studi
lanjutannya.
|
|
Mading Karir
|
Instrumen penilaian
|
Rapor, Aplikasi instrumentasi
|
Mengarahkan pilihan karir berdasarkan
bakat, minat dan kemampuan peserta didik
|
Leger Rapor dan hasil Psikotes
|
|
|
||
Penempatan dan penyaluran
|
Angket karir
|
Peserta didik dapat menerima pilihan
karir berdasarkan bakat, minat dan kemampuannya
|
Diskusi kelompok pilihan karir
|
|
|
||
4
|
DUKUNGAN SISTEM
|
Pengembangan
|
MGBK
|
Sarana musyawarah dalam melaksanakan
program BK
|
Seluruh guru pembimbing berkumpul,
untuk mendiskusikan pelaksanaan program BK
|
|
|
Manajemen program
|
Pengurus MGBK
|
Mengembangkan SDM guru BK
|
Kegiatan pertemuan guru BK secara
berkala
|
|
|
||
Riset dan pengembangan
|
PTBK, Karya ilmiah
|
Guru BK yang profesional
|
Melaksanakan PTBK, Karya ilmiah
|
|
|
III. EVALUASI
NO
|
KEGIATAN
|
TUJUAN
KEGIATAN
|
URAIAN
KEGIATAN
|
WAKTU
|
KETERANGAN
|
1
|
LAPORAN BK
|
Sebagai
bukti pertanggung jawaban kegiatan pelayanan BK dan sebagai dasar evaluasi untuk kegiatan BK berikutnya
|
Guru BK
memberikan laporan kegiatan pelayanan BK setiap bulan, semester, dan akhir tahun kepada kepala sekolah
|
Bulanan
Semesteran
Tahunan
|
|
2
|
EVALUASI,
ANALISA DAN TINDAK LANJUT
|
Untuk melihat pencapaian aspek
perkembangan dari peserta didik dalam satu tahun
|
Seluruh
guru pembimbing berkumpul untuk mendiskusikan pelaksanaan program BK : faktor
pendukung dan faktor penghambat yang ada.
|
Akhir semester
Akhir Tahun
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP ISLAM YAS’A SUMENEP
|
Sumenep,
…………………2012
Peraktikan
NASILI GAPURA
|
terima kasih atas informasi program bk sebagai tambahan ilmu, demi perbaikan program berikutnya, tapi gimana cara mendonloutnya
BalasHapusmaturnuwun saya bisa mencontoh program tahunan BK komprehensif.
BalasHapus