Sabtu, 08 Desember 2012

PROGRAM TAHUNAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF SMP ISLAM YAS’A SUMENEP TAHUN AJARAN 2011/2012


PROGRAM TAHUNAN
PROGRAM TAHUNAN
PELAYANAN  BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF
SMP ISLAM YAS’A SUMENEP TAHUN AJARAN 2011/2012
I. PERSIAPAN                      
NO
KEGIATAN
TUJUAN KEGIATAN
URAIAN KEGIATAN
WAKTU
KETERANGAN
1
Penyusunan Program BK
Perencanaan kegiatan pelayanan BK selama 1 tahun
Membuat program tahunan, semesteran, bulanan, mingguan dan harian
Raker sekolan
Bulan juni
Kelompok dan kerjasama tim BK akan mensukseskan pelaksanaan program
2
Menyusun silabus dan RPP
Kegiatan program pelayanan BK klasikal
Menyusun materi pelayanan BK klasikal kegiatan dan penilaianya.
Minggu efektif
10 aspek pengembangan dalam standar kompetensi kemandirian peserta didik untuk SMP
3
Konsultasi Program BK
Diketahui dan disetujui oleh sekolah
Program pelayanan BK tersusun berdasarkan tindak lanjut dari program sebelumnya
Raker sekolah
Menjadi bagian dari program sekolah
4
Pengadaan sarana dan prasarana BK
Melancarkan pelaksanaan program BK
Daftar kebutuhan sarana dan prasarana BK
Raker sekolah
Ruang BK ideal, Pelayanan BK menjadi efektif  dan bermanfaat bagi seluruh personel sekolah
Cat : sesuikan dengan kelas  binaan / tugas pembuatan program dan jadwal sekolah
II. PELAKSANAAN
NO
KOMPONEN PROGRAM
STRATEGI PELAYANAN
MATERI
TUJUAN
URAIAN KEGIATAN
WAKTU
KETERANGAN
1
PELAYANAN DASAR
Pelayanan klasikal
Modul BK kls VII
Melayani peserta didik secara klasikal
Pelayanan BK klaasikal
Ags - Mei
1 JP/minggu
Pelayanan Orientasi
Kls VII, MOS
Memberikan informasi terkini tentang SMP ISLAM YAS’A Sumenep
Kegiatan pengenalan sekolah yang menarik dan menyenangkan

Panitia MOS
Guru BK  
Pelayanan Informasi
Bimb.Pribadi, sosial, belajar, karier.
Memberikan informasi yang dibutuhkan peserta didik diawal masa remajanya
BK klaikal, diruang BK dan dikelas

Guru BK
Bimbingan kelompok
Berita terkini
Melatih peserta didik dalam berfikir dan bersosialisasi
Berita terkini terkait dengan kepribadian peserta didik
Jadwal perkelas
Dinamika kelomppok
Aplikasi instrumen
Tes dan non tes
Mengetahui peserta didik lebih mendalam
Himpunan data peserta didik , DCM, sosiometri
juni, juni, Oktober
Harus diolah dan diinformasikan kepada peserta didik
2
PELAYANAN RESPONSIF
Konseling Individu/Kelompok
Masa awal remaja
Membantu memecahkan masalah peserta didik
Pelayanan BK secara individu/kelompok


Referal
Masalah
Mengalihtangankan solusi masalah peserta didik kepada tenaga ahli yang lebih berwenang
Solusi masalah yang menyangkut keadaan fisik dan psikis peserta didik

Daftar tenaga ahli
Kolaborasi Guru
Peserta didik dengan mata pelajarannya
Peserta didik dapat mengikuti kegiatan pelajaran di kelas
Pembelajaran yang mendidik

Daftar wali kelas dan guru mata pelajaran
Kolaborasi orang tua
Keluarga
Komunikasi keluarga yang harmonis
Komunikasi orang tua dengan sekolah persuasif


Kolaborasi ahli lain
Aspek Perkembangan
Memperluas wawasan peserta didik dalam menemukan jati dirinya
Mengundang tenaga ahli untuk memperluas wawasan penetahuan peserta didik
Terjadwal
Daftar tenaga ahli
Konsultasi
Aspek perkembangan
Peserta didik konsultasi tanpa beban
Pelayanan BK yang memandirikan

Format konsultasi
Bimbingan teman sebaya
Pergaulan
Mengembangkan empati terhadap teman
Belajar, bergaul, sambil curhat

Buku curhat
Konferensi kasus
Pelanggaran tata tertib sekolah
Solusi masalah bersama terkait peraturan sekolah
Konferensi untuk solusi masalah setelah 3 kali perjanjian

Keputusan pada Kepala Sekolah
Kunjungan rumah
Sousi masalah
Solusi masalah secara kekeluargaan
Kunjungan rumah yang terprogram


3
PERENCANAAN INDIVIDUAL
Pengembangan media
Bimbingan karir
Membantu peserta didik menentukan jurusan untuk studi lanjutannya
Peserta didik diberi kesempatan untuk berkonsultasi dengan guru BK terkait dg pemilihan karir dan studi lanjutannya.

Mading Karir
Instrumen penilaian
Rapor, Aplikasi instrumentasi
Mengarahkan pilihan karir berdasarkan bakat, minat dan kemampuan peserta didik
Leger Rapor dan hasil Psikotes


Penempatan dan penyaluran
Angket karir
Peserta didik dapat menerima pilihan karir berdasarkan bakat, minat dan kemampuannya
Diskusi kelompok pilihan karir


4
DUKUNGAN SISTEM
Pengembangan
MGBK
Sarana musyawarah dalam melaksanakan program BK
Seluruh guru pembimbing berkumpul, untuk mendiskusikan pelaksanaan program BK


Manajemen program
Pengurus MGBK
Mengembangkan SDM guru BK
Kegiatan pertemuan guru BK secara berkala


Riset dan pengembangan
PTBK, Karya ilmiah
Guru BK yang profesional
Melaksanakan PTBK, Karya ilmiah











III. EVALUASI
NO
KEGIATAN
TUJUAN KEGIATAN
URAIAN KEGIATAN
WAKTU
KETERANGAN
1
LAPORAN BK
Sebagai bukti pertanggung jawaban kegiatan pelayanan BK dan sebagai dasar evaluasi untuk kegiatan BK berikutnya
Guru BK memberikan laporan kegiatan pelayanan BK setiap bulan, semester, dan akhir tahun kepada kepala sekolah
Bulanan
Semesteran
Tahunan

2
EVALUASI, ANALISA DAN TINDAK LANJUT
Untuk melihat pencapaian aspek perkembangan dari peserta didik dalam satu tahun
Seluruh guru pembimbing berkumpul untuk mendiskusikan pelaksanaan program BK : faktor pendukung dan faktor penghambat yang ada.
Akhir semester
Akhir Tahun


Mengetahui,
Kepala SMP ISLAM YAS’A SUMENEP


Drs. H. MAHFUDH RAHMAN
Sumenep, …………………2012
Peraktikan


NASILI GAPURA


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar