Nama :
Nasili
Kelas :
V
Jurusan :
Pendidikan Bimbingan dan Konseling
RENCANA
PROGRAM PELAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
(RPPBK)
A. IDENTITAS SEKOLAH
1. Sekolah :
SD Samper El-Gafury
2. Kelas/semester :
VI/I
3. Bidang Bimbingan : Belajar
4. Jenis layanan :
Informasi
5. Fungsi Layanan : Pemahaman
6. Topik :
Pengaruh Pacaran Terhadap Prestasi
Belajar
7. Standar Kompetensi : Kematangan intlektual
8. Kompetensi dasar : Mengenal konsep-konsep dasar ilmu
pengetahuan dan perilaku belajar
9. Alokasi Waktu : 1
X 40 Menit
B. TUJUAN LAYANAN
1.
Siswa memahami apa yang dimaksud dengan perestasi
belajar
2.
Siswa mengenal prinsip belajar
3.
Siswa mengetahui pengaruh pacaran terhadap prestasi belajar
C. MATERI LAYANAN
1. Perestasi Belajar
Prestasi belajar
banyak diartikan sebagai seberapa jauh hasil yang telah dicapai siswa dalam
penguasaan tugas-tugas atau materi pelajaran yang diterima dalam jangka waktu
tertentu. Prestasi belajar pada umumnya dinyatakan dalam angka atau huruf
sehingga dapat dibandingkan dengan satu kriteria (Prakosa, 1991).
Prestasi belajar
kemampuan seorang dalam pencapaian berfikir yang tinggi. Prestasi belajar harus
memiliki tiga aspek, yaitu kognitif, affektif dan psikomotor. Prestasi
belajar adalah hasil yang dicapai sebaik-baiknya pada seorang anak dalam
pendidikan baik yang dikerjakan atau bidang keilmuan. Prestasi belajar
dari siswa adalah hasil yang telah dicapai oleh siswa yang didapat dari proses
pembelajaran. Prestasi belajar adalah hasil pencapaian maksimal menurut
kemampuan anak pada waktu tertentu terhadap sesuatu yang dikerjakan,
dipelajari, difahami dan diterapkan.
2. Prinsip Belajar
Landasan utama
dalam mencapai keberhasilan belajar adalah kesiapan mental. Tanpa kesiapan
mental, maka tidak akan dapat bertahan terhadap berbagai kesukaran (kesulitan)
yang dihadapi selama belajar.
Setiap peserta
didik hendaknya mempunyai minat yang besar terhadap semua mata diklat yang
diterima di sekolah. Suka atau tidak suka semua mata diklat harus ditempuh.
Sikap membenci mata diklat tidak ada manfaatnya, yang terbaik adalah mengambil
sikap positif dengan berusaha menyukai semua mata diklat yang diajarkan. Karena
suka tidak suka mata diklat tersebut harus ditempuh pada jenjang pendidikan
yang mereka ikuti.
3. Pengaruh Pacaran Terhadap Prestasi Belajar
Pada umumnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi
adanya tindakan pacaran terhadap remaja masa kini. Misalnya pengaruh sinetron,
tapi ada juga yang meniru kehidupan-kehidupan yang negatif dari di sekitar
mereka. Sehingga bisa mempengaruhi perestasi belajar.
D. KEGIATAN LAYANAN
Pertemuan
Tahap
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Pembukaan
|
|
5
Menit
|
Inti
|
·
Membagi kelas dengan
beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 orang.
·
Setiap kelompok dapat diberikan topik yang
berbeda.
·
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi kelompok kecilnya dalam diskusi kelas dan
kelompok yang lain menanggapi hasil kerjanya.
·
Hasil diskusi disampaikan
dalam penutup diskusi.
|
30
Menit
|
Penutup
|
|
5
Menit
|
E. MEDIA
·
Slide power point tentang
materi terkait.
·
Kertas dan alat tulis
F. METODE
·
Diskusi
·
Tanya jawab
G. TEMPAT KEGIATAN
·
Ruang kelas.
H.
PENILAIAN
1. Penilaian hasil
Penilaian hasil dilakukan melalui :
ü
Penilaian Segera (Laiseg) : Siswa memahami materi yang telah
disampaikan.
ü
Jangka pendek (Laijapen) : Siswa merasa senang dan dapat menerapkan
dalam kehidupan sehari-hari tentang pengaruh pacaran terhadap prestasi belajar
yang tidak mereka dapatkan dari orang tua atau orang dewasa lainnya. Yang di
ukur dengan menggunakan lembar refleksi diri
ü
Jangka panjang (Laijapan) : Di ukur dengan menggunakan
lembar observasi siswa (untuk dapat mengetahui perubahan sikap melalui
pengamatan langsung terhadap perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan
tersebut).
2. Penilaian Proses :
Penilaian proses dilaksanakan melalui
analisis terhadap keterlibatan siswa dalam pelaksanaan kegiatan.
Aspek yang diamati:
§
Partisipasi siswa dalam diskusi
§
Penyelesaian tugas refleksi diri
I.
EVALUASI
Evaluasi hasil : siswa dikatakan berhasil
memperoleh pengalaman belajar dengan baik, bila:
·
Merasa senang dalam mengikuti kegiatan diskusi kelompok
·
Dapat berpartisipasi dalam penyelesaian tugas akhir diskusi.
·
Dapat menunjukkan perubahan sikap yang lebih baik dalam menjalankan
hidup dengan bertanggung jawab.
J. SUMBER
·
Manusia Pembelajar. Karya:
Andreas Harefa
·
Program pengembangan
pendidikan kecakapan hidup SD dari Departemen Pendidikan Nasional.
·
Buku materi, LKS.
K. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
·
Memantau perkembangan siswa dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan sekolah.
·
Mengadakan bimbingan
kelompok untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi layanan yang disampaikan.
·
Memberikan layanan
konseling individu bagi siswa yang mengalami hambatan.
L. CATATAN KHUSUS
Setiap
siswa akan ikut berperan aktif dalam berdiskusi jika dalam setiap kelompok
kecil mampu menyampaikan pendapatnya dengan baik dan tertib.
Mengetahui Koordinator
BK Pasuruan, ………
Kepala Pendidikan Guru Pembimbing Guru Pembimbing
SD Samper El-Gafury
……………………… ……………………. …………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar